BERIKANLAH APA YANG MENJADI HAK SESAMA - 17 June 2010 - GPIB SINAI SURABAYA

Login form

Search

Calendar

«  June 2010  »
SuMoTuWeThFrSa
  12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930

Our poll

Rate my site
Total of answers: 3

Site friends

  • Create a free website
  • Statistics


    Total online: 0
    Guests: 0
    Users: 0




    Thursday, 28-08-14, 5:05 PM
    Welcome Guest | RSS
    Gereja Protestan di Indonesia bagian Barat
               Jemaat "SINAI" - Surabaya
              (Dan orang akan datang dari Timur dan Barat dan dari Utara dan Selatan 
                 dan mereka akan duduk makan di dalam Kerajaan Allah - Lukas 13:29)
    Main | Registration | Login
    Main » 2010 » June » 17 » BERIKANLAH APA YANG MENJADI HAK SESAMA
    12:13 PM
    BERIKANLAH APA YANG MENJADI HAK SESAMA
    RENUNGAN PAGI -SBU
    MINGGU III SESUDAH PENTAKOSTA
    KAMIS, 17 JUNI 2010


    ULANGAN 24: 14-15
    14  Janganlah engkau memeras pekerja harian yang miskin dan menderita, baik ia saudaramu maupun seorang asing yang ada di negerimu, di dalam tempatmu.
     15  Pada hari itu juga haruslah engkau membayar upahnya sebelum matahari terbenam; ia mengharapkannya, karena ia orang miskin; supaya ia jangan berseru kepada TUHAN mengenai engkau dan hal itu menjadi dosa bagimu.

    Nats:
    "...Janganlah engkau memeras pekerja harian yang miskin dan menderita, baik ia saudaramu maupun seorang asing yang ada di negerimu, di dalam tempatmu ... " (Ulangan 24:4)

    Setiap manusia, diberi hak untuk hidup dan memperoleh sesuatu dari apa yang dikerjakannya. Hak itu pertama-tama diberikan bukan pleh manusia, tetapi Tuhanlah yang memberikan hak kepada setiap manusia sesuai dengan keberadaan manusia itu sendiri. Namun pada kenyataannya yang menjadi hak seseorang itu tidak diberikan. Hal itu terjadi dalam dunia pekerjaan. Ada seorang pengusaha hanya mau menerima hasil yang baik dari pekerjanya, tetapi hak-hak si pekerja itu tidak diberikan atau diperhatikan. Dalam hal ini si pengusaha diuntungkan dan si pekerja dirugikan.
    Bacaan kita ini mengarahkan perhatiannya terhadap mereka yang status ekonominya lemah dan menuntut bahwa upah orang miskin hendaknya dibayarkan setiap hari, karena uang yang mereka terima sangat sedikit dan itupun mereka gunakan untuk melawan kelaparan dan kebutuhan keluarganya. Kegagalan membayar upah orang miskin akan menyebabkan mereka berseru kepada Tuhan, karena Tuhan mendengarkan seruan orang-orang miskin (Mazmur 69:34), amarah Tuhan akan ditujukan kepada Israel karena kegagalan mereka untuk memperhatikan kesejahteraan bagi mereka yang memerlukan.
    Bila kemiskinan itu mengalami peningkatan dalam kehidupan manusia di dunia ini, itu berarti dalam hidup manusia terjadi ketidakpedulian, mau senang dan untung sendiri. Orang miskin memang tidak berdaya, tidak punya kekuatan untuk melawan mereka yang memiliki kekuasaan dan kekayaan. Sebagai orang yang percaya kepada Tuha nYesus Kristus, kita harus ingat, bila seluruh orang miskin berteriak dan berdoa kepada Tuhan, maka orang kuat dan berkuasa akan berhadapan dengan Tuhan. Tidak ada satupun manusia yang mampu dan tahan bila berhadapan dengan Tuhan. Oleh karena itu, kita dipanggil untuk memberikan dan membagi apa yang menjadi hak sesama, khususnya mereka yang miskin dan tidak berdaya.

    Nyanyian KJ. 309: 1, 2
    DOA : Tuhan, mampukan kami untuk berbagi dengan sesama yang menderita

    Views: 149 | Added by: SINAI | Rating: 0.0/0
    Total comments: 0
    Name *:
    Email:
    Code *:

    Copyright MyCorp © 2014